Monday, January 18, 2016

Prediksi: Trend Teknologi di Tahun 2016

Sumber gambar: http://enterrasolutions.com
Teknologi merupakan salah satu hal di muka bumi ini yang berkembang sangat pesat. Nah kali ini gw mau bikin prediksi nih soal trend teknologi yang kemungkinan akan menjadi populer di tahun 2016. Yah namanya juga prediksi bisa salah, bisa juga benar hehe.

1. Kamera 360 derajat

Sumber gambar: http://mynikonlife.com.au
Prediksi trend ini bermula dengan kemunculan beberapa kamera 360 derajat seperti Kodak SP360, Ricoh Theta, Nokia Ozo, Kumpulan beberapa kamera Gopro yang digabung membentuk 360 derajat sampai yang terbaru dan agak mengejutkan yaitu Nikon Keymission 360. Bukan tidak mungkin beberapa vendor ternama lainnya akan mengeluarkan kamera 360 derajatnya sendiri seperti Gopro, Sony, Panasonic, Samsung, Canon, Xiaomi dan lain sebagainya. Hal ini juga didukung oleh platform video populer seperti Youtube dan Facebook yang mulai memberikan fitur untuk memutar video 360 derajat. Kita lihat apakah kamera atau action camera 360 derajat ini akan memakan market share action cam tradisional.


2. Perangkat Virtual Reality
Sumber gambar: http://oculus.com
Nah jika tadi dijelaskan cara membuat konten 360 derajat sekarang yang gw prediksiin adalah salah satu perangkat untuk menikmati konten 360 derajat yaitu perangkat virtual reality (VR). Ada beberapa beberapa perangkat VR yang dapat digunakan untuk menikmati konten video dengan sensasi yang lain ataupun digunakan untuk bermain game. Ke depan pasti banyak developer yang mendorong kegunaan perangkat VR ini ke hal-hal yang belum pernah kita pikirkan sebelumnya. Beberapa perangkat VR yang populer baik itu masih prototype maupun barang yang siap dijual adalah Oculus Rift, Sony Playstation VR, Samsung Gear VR, HTC Vive, Microsoft Hololens, Google Cardboard dan lain sebagainya. Kemungkinan perangkat VR ini di tahun 2016 mulai banyak bermunculan namun belum akan booming mengingat harganya masih tinggi (kecuali google cardboard). Di tahun 2016 ini akan menjadi tes pasar untuk perangkat VR apakah akan sukses atau akan gagal.


3. Set Top Box
Sumber gambar: http://nofilmschool.com
Setuju atau tidak perangkat TV merupakan pusat hiburan dari setiap tempat tinggal. Beberapa dari kita mungkin akan sulit untuk menjangkau perangkat smart tv yang harganya masih relatif tinggi dan belum banyaknya developer yang menggarap segmen smart tv. Nah jika ingin menjadikan perangkat televisi lama kita menjadi lebih pintar dan tidak membosankan, ada beberapa set top box yang membuat tv kita mampu untuk melakukan streaming video populer dari youtube sampai netflix, bermain game, sampai mengakses aplikasi sosial media favorit kita. Ada beberapa set top box populer yang layak dicoba seperti Apple TV, Roku, Google Chromecast, Amazon Fire TV dan lain sebagainya. Untuk tahun 2016 ini jujur mungkin perangkat set top box tidak akan terlalu populer namun ada beberapa orang yang rela mengeluarkan uang untuk menambah kemampuan TV lama mereka. Saat orang-orang mulai bergantung pada layanan internet untuk menikmati konten hiburan maka tinggal menunggu waktu untuk perangkat set top box ini ada di setiap ruang tamu para keluarga.


4. Drone
Sumber gambar: http://quadcopterguide.com

Siapa yang tidak kenal perangkat drone? Tahun 2015 kemarin drone merupakan gadget yang tumbuh signifikan. Drone yang umumnya digunakan pemerintah maupun organisasi khusus sekarang bisa digunakan oleh masyarakat umum bahkan sudah menjadi hobi tersendiri. Bayangkan apa yang bisa dilakukan oleh drone jika digabungkan oleh kamera 360 derajat? hmm tentu akan jadi pengalaman dan sensasi tersendiri dalam menikmati konten video 360 derajat. Beberapa drone yang populer adalah buatan DJI, 3DR, Yuneec, Parrot dan lain sebagainya. Prediksi gw di tahun 2016 ini akan semakin banyak drone yang terbang disekitar kita dan akan bermunculan merk-merk baru yang lebih murah untuk pemula yang bukan tidak mungkin dapat menantan merk yang sudah mapan di pasar.


5. Kamera Mirrorless dan Pocket Premium

Sumber gambar: http://gizmag.com


Tahun 2016 mungkin akan menjadi momen yang pas untuk kamera jenis mirrorless dan pocket premium merebut hati masyarakat. Untuk kalangan profesional mungkin beberapa fitur DSLR masih menjadi andalan. Namun buat para traveler, anak muda, enthusiast atau kalangan profesional yang ingin kamera yang ringkas namun berkinerja baik akan mulai beralih ke kamera mirrorles ataupun pocket premium yang biasanya memiliki besaran sensor 1" atau lebih. Secara teknologi dan kinerja kamera mirroless maupun kamera pocket premium sudah jauh berkembang dibanding beberapa tahun yang lalu, bahkan beberapa pabrikan sudah membenamkan sensor full frame pada kamera mirrorless maupun pocket premium mereka. Disamping sensor, aneka jenis lensa sudah tersedia untuk kamera mirroles baik itu micro four thirds, APS-C, maupun full frame. Cepat atau lambat mungkin kamera DSLR hanya digunakan untuk kegiatan fotografi yang spesifik sedangkan kamera mirrorless dan pocket premium bisa menjadi kamera yang dibawa sehari-hari oleh para pecinta fotografi. Untuk kamera jenis mirrorless dan pocket peremium sendiri yang tergolong agresif di pasar adalah Panasonic, Sony, Olympus dan Fujifilm. Untuk Canon dan Nikon mereka masih setengah hati terjun di pasar ini. Klik disini untuk pilihan kamera gw sehari-hari.


6. 8K
Sumber gambar: http://4k.com
Di tahun 2016 ini kita akan melihat pergeseran trend resolusi layar dan video ke tahap selanjutnya. Resolusi Full HD akan ada di entry level, resolusi 4K akan mulai umum ditemukan di tv, smartphone, dan kamera. Nah untuk resolusi 8K sendiri akan menyasasar kalangan premium yang marketnya selalu ada.

7. Smart Home
Sumber gambar: http://techcrunch.com
Perangkat smart home yang juga tergolong internet of things (IoT) mungkin belum akan booming di tahun 2016 ini namun mulai akan digunakan secara luas. Dengan perangkat ini kita bisa memantau rumah dari jauh, mematikan atau menyalakan lampu dari jauh, mengatur suhu udara secara otomatis dan lain sebagainya. Ada beberapa perangkat yang bisa dicoba untuk membuat rumah kita menjadi semakin pintar seperti Samsung Smartthings, Philips Hue, Google Nest, Amazon Echo, Logitech Harmony dan lain sebagainya.

8. USB Type C
Sumber gambar: http://nicab.co.uk
Di tahun 2016 ini USB type C akan menjadi standard untuk semua device jadi bersiaplah teman-temannn hehe.. Apa itu USB type C bisa baca postingan blog gw sebelumnya, klik disini yaaa. 

9. Wearable Gadget
Sumber gambar: http://appleinsider.com

Wearable gadget mungkin akan semakin populer di 2016 ini. Bentuknya pun bermacam-macam bisa jam, gelang, kacamata dan lain sebagainya. Satu yang menghambat pada perangkat wearable ini adalah lemahnya performa baterai. Gw yakin saat perangkat ini mampu bertahan paling tidak seminggu dalam keadaan aktif dipakai dan dapat berdiri sendiri maka potensi populernya perangkat ini akan semakin besar. Jika performa baterai masih lemah maka perangkat ini masih kan jadi sekedar gadget tambahan yang tidak semua orang butuh namun hanya sebagai pelengkap. Perangkat wearable yang populer sendiri ada Apple Watch, Android Wear, Google Glass, Pebble dan lain sebagainya.


Kesembilan prediksi gw ini mungkin bisa benar mungkin bisa salah. Tapi melihat perkembangan pasar dan teknologi saat ini kemungkinan prediksi gw bisa benar. Jujur untuk smartphone gw ngga bisa memprediksi apa-apa (cenderung membosankan) karena teknologinya sendiri hampir bisa ditebak dan belum ada arah perkembangan teknologi smartphone yang inovatif kecuali teknologi modular smartphone telah siap. Untuk self driving car sendiri juga masih belum akan ada di 2016 ini. Lalu ada mobil listrik Tesla yang menarik perhatian gw juga di tahun 2016 ini namun gw belum akan buat prediksinya karena mobil listrik sendiri akan sulit ditemukan di negara yang belum siap infrastrukturnya.

Segitu aja deh tulisan iseng gw ini semoga bisa memberikan gambaran arah perkembangan teknologi di tahun 2016 ini yaa teman-temaaaannnn.