Rekomendasi Layanan VPN Gratis


Hey semuanyaa, yaa kali ini gw mau membahas tentang layanan VPN gratis dengan performa yang bisa diandalkan dan tentunya aman. Di postingan sebelumnya gw sempat membahas fungsi VPN dan merekomendasikan FrootVPN namun karena layanan mereka sudah tidak trial lagi maka jadi berbayar. Setelah itu mencari pengganti FrootVPN memang agak susah mulai dari OperaVPN, ZenMate dan lain sebagainya namun kecepatan yang didapatkan sangat mengecewakan. Sampai akhirnya sekitar bulan lalu ProtonVPN diluncurkan untuk umum dan kecepatan yang ditawarkan untuk layanan gratis sangat memuaskan dan tidak ada iklan.Untuk itu gw merekomendasikan layanan ProtonVPN (https://protonvpn.com/), ProtonVPN ini sendiri dibuat oleh penyedia layanan email yang terkenal aman yaitu ProtonMail (https://protonmail.com/).

ProtonVPN sendiri menjamin layanan gratisnya akan terus ada besamaan dengan layanan berbayarnya. Mereka menggunakan sistem subsidi silang dimana layanan berbayar akan mensupport layanan gratisnya agar dapat terus berjalan. Berikut perbandingan layanan gratis dengan berbayarnya: 


Sekedar saran sebelum mendaftar ke ProtonVPN lebih baik mendaftar terlebih dahulu di ProtonMail agar proses pendaftaran menjadi lebih mudah.

Untuk pilihan server yang gratis bisa dilihat disini https://protonvpn.com/vpn-servers yang memiliki logo F. Gw sendiri menggunakan server US13.

Untuk setting di beberapa platform ada dibawah ini

Dengan VPN kita bisa menjelajahi internet dengan lebih aman cocok digunakan jika kita membuka layanan internet menggunakan wifi publik maupun membuka situs yang diblok. Dengan VPN kegiatan kita di dunia maya lebih sulit untuk disadap sehingga lebih aman.