Rekomendasi Email Hosting Gratis Untuk Custom Domain

Sumber gambar: http://www.zoho.com/mail/

Kali ini gw mau merekomendasikan layanan email hosting gratis untuk custom domain teman-teman semua. Sebelumnya email untuk custom domain pribadi gw di rizkyprawinto.com ini menggunakan layanan dari G Suite (dulu google apps) dan untungnya dulu masih gratis sehingga gw masih bisa menggunakan layanan google ini sampai sekarang. 

Nah saat gw bersama teman-teman membangun sahabatmotret.com dan ingin membuat layanan email personal seperti rizky.prawinto@sahabatmotret.com, gw sih malas untuk menggunakan layanan email yang ditawarkan oleh hosting bawaan karena interfacenya kurang bagus dan menurut gw fitur-fiturnya terbatas. Akhirnya gw coba cari layanan email hosting gratis dengan performa yang baik, lalu gw menemukan Zoho yang bisa diakses di https://www.zoho.com/mail/. Untuk fitur keamanannya sendiri cukup lengkap dengan SSL dan two step verification lalu Zoho juga memiliki fitur POP3 dan IMAP4 dengan performa yang baik sehingga selama ini belum ada masalah dalam komunikasi menggunakan email @sahabatmotret.com .

Untuk beberapa detail perbandingan layanan gratis dan berbayar adalah:



Nah jadi buat teman-teman yang memiliki custom domain dan malas untuk menggunakan layanan email hosting bawaan bisa menggunakan layanan gratis dari Zoho. Oh yaa zoho tidak hanya menawarkan layanan email namun seperti G Suite, Zoho juga menawarkan layanan lain dalam hal produktifitas.

Selamat mencoba :)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto