Aplikasi Wajib di Smartphone


Kali ini gw pengen share sedikit sih mengenai aplikasi wajib apa aja di smartphone yang menurut gw berguna banget siapa tahu teman-teman nanti mau mencoba menggunakannya juga.

1. Google Keep
Entah kenapa gw jarang banget menggunakan aplikasi note bawaan terutama karena fungsinya terbatas. Gw menggunakan aplikasi google keep sebagai aplikasi untuk menulis catatan karena simple, dapat diakses dimana saja, dan tentunya reliable. Sebelumnya gw menggunakan evernote dan microsoft onenote cuma kalo hanya untuk menulis catatan-catatan sederhana google keep lebih dari cukup.

2. Soundhound
Aplikasi ini gw gunakan kalo penasaran judul lagu atau penyanyi yang sedang diputar misal di mobil, mal, cafe dan lain sebagainya jadi nanti bisa langsung cari deh tuh lagunya masukin ke playlist hehe.

3. Spotify
Mungkin masa depan musik ke depannya akan ada di streaming. Sebelumnya gw memang sudah menunggu kehadiran spotify di Indonesia lalu setelah launching gw ngga ragu-ragu untuk segera register. Awalnya menggunakan spotfiy free dengan fitur yang cukup lengkap dan koleksi lagu yang lumayan banyak. Setelah merasa kurang puas akhirnya naik deh ke spotify premium sampai sekarang dengan kualitas musik yang lebih baik dan juga dapat diakses dimana saja sekaligus dengan chromecast audio.

4. M-Banking
Jaman sekarang kalo belum punya M-banking kebangetannnn. Gw menggunakan mandiri online dan BCA mobile yang fitur-fiturnya makin hari makin lengkap walau belum bisa narik uang hehe. M-bankin berguna banget buat bayar tagihan, isi pulsa, transfer uang, cek saldo dan lain sebagainya tanpa perlu antre lagi di mesin ATM.

5. Google Drive
Ini merupakan aplikasi penyimpanan berbasis cloud utama gw. Hampir semua dokumen gw simpan disini sehingga mudah jika ingin mencari dokumen tersebut dimana saja dan dengan google drive yang merupakan produk google maka integrasi ke produk google lainnya juga sangat mudah seperti ke gmail. Untuk back up cloud storage sendiri gw menggunakan microsoft onedrive.

6. Google Maps
Yaa memang ada yang lain seperti apple maps maupun waze namun google maps seperti berada di liga yang berbeda menurut gw dengan fitur-fitur seperti location sharing, traffic dan integrasi dengan produk google lain seperti di google search. Ya walau pesaing menawarkan fitur-fitur unggulan lain namun tetap saja gw masih lebih nyaman menggunakan google maps untuk layanan navigasi.

7. Google Translate
Nah kalo ini sepertinya berguna saat kita membutuhkan sih. Dengan kemampuan menerjemahkan berbagai bahasa dan juga fitur menerjemahkan live dari kamera maupun percakapan langsung membuat google translate ini seperti tidak ada lawan.

8. Youtube
Untuk membunuh kebosanan, mencari inspirasi maupun menonton video-video lucu dengan katalog video terbesar di dunia maka wajib hukumnya memiliki aplikasi youtube di smartphone.

9. Google Photos
Kalo ini wajib bangettt ada di smartphone kita karena dengan google photos kita akan dengan mudah membackup foto dan video baik itu unlimited gratis (syarat & ketentuan berlaku) sampai high quality. Selain jadi media penyimpanan video dan foto utama gw, keunggulan google photos sendiri ada pada alogaritma pencarian gambar sampai dengan kemudahan aksesnya.

10. Snapseed.
Untuk edit foto secara minimal menurut gw snapseed layak kok jadi aplikasi andalan teman-teman semua.

11. Feedly
Aplikasi ini gw gunakan untuk membaca berita favorit dari website kesukaan kita. Buat teman-teman yang suka membaca rasanya feedly layak kok dicoba sehingga kita tidak ketinggalan berita-berita terbaru.

12. Instant Messaging
Aplikasi IM yang gw gunakan paling sering adalah whatsapp, line, google hangouts, facebook messanger. Masing-masing punya kelebihan dan kekurang yang saling melengkapi.

13. Social Media
Kalau aplilasi social media yang gw install itu ada facebook, twitter, google+, instagram, path dan linkedin. Yaa fungsinya untuk terhubung dengan dunia luar eaaa hahaha.

14. Ride Sharing
Grab dan Go-jek ada di hp gw karena terkadang saat kita malas bawa kendaraan atau ingin delivery makanan dan lain sebagainya kedua aplikasi tersebut sangat membantu.

15. Travel
Hmm untuk kategori ini sendiri sih subjektif banget menurut gw namun di hp gw ada aplikasi traveloka, airbnb, dan airasia.

16. E-commerce
Sebenarnya gw kalo belanja online sih lebih sering lewat desktop namun untuk sekedar melihat-lihat di hp gw ada aplikasi bukalapak.

17. OpenVPN
Aplikasi ini gw gunakan untuk mengakses layanan VPN. Karena dengan koneksi VPN layanan internet kita akan setingkat lebih aman daripada mengakses layanan internet tanpa VPN.

18. 21 Cineplex
Buat yang suka nonton film dan males antri aplikasi ini jawabannya. Dengan M-tix kita bisa membeli tiket nonton sampai memilih kursi favorit jadi ngga perlu capek-capek antri lagi deh.

19. Gmail
Dibanding aplikasi email bawaan, gw menggunakan gmail dalam berkomunikasi melalui email baik email kantor maupun email @sahabatmotret.com ditarik POP3 ke account gmail pribadi sehingga semua email dapat dibaca dan dikirim dalam satu account.

20 Google Chrome
Browser favorit gw di desktop gw gunakan juga di hp, positifnya adalah semua bookmark, favourite, sampai data-data dapat langsung ter sync sehingga pengalaman browsing di desktop akan sama dengan di perangkat genggam. 

Yaa mungkin itu beberapa aplikasi yang gw pakai sekarang bisa bertambah bisa juga berkurang ke depannya tergantung kebutuhan. Buat teman-teman yang mau mencoba bisa langsung didownload lalu kalo ada yang mau saran penggunaan aplikasi yang berguna selain yang diatas bisa juga share di comment yaaa :)


Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto