Fenomena Nilai Bitcoin yang Melambung



Beberapa waktu yang lalu gw pernah share tentang layanan Luno Bitcoin yaitu sekitar bulan Juni 2017 gw mencoba membeli salah satu mata uang digital (cryptocurrency) yaitu bitcoin. Gw pada saat itu mencoba membeli bitcoin sebanyak Rp 50.000 yaa hanya iseng mencoba-coba saja. Pada saat itu nilainya cenderung fluktuatif dan lebih sering turun nilainya. Namun saat ini nilai cryptocurrency terutama bitcoin dan ethereum meningkat secara signifikan.

Pada saat gw menulis artikel tentang luno bitcoin tanggal 28 Juni 2017  nilai 1 BTC setara dengan Rp 36.074.000 namun saat ini tanggal 2 Desember 2017 nilai 1 BTC sekarang setara dengan Rp 157.499.500 wow peningkatan yang sangat signifikan. Uang hasil coba-coba gw yang tadinya Rp 50.000 sekarang menjadi Rp 210.189 tanpa gw trading, mining atau top up lagi hanya gw simpan selama beberapa bulan. Peningkatan nilai bitcoin yang sangat signifikan ini mengalahkan hampir semua instrumen investasi yang ada dunia ini.

Seperti yang dikatakan orang-orang bahwa high risk high return, bitcoin yang nilainya naik secara signifikan ini juga bukan tanpa resiko namun dengan makin banyaknya orang-orang yang mengetahui tentang tehnik menambang bitcoin maka akan makin sulit untuk mendapatkan bitcoin kecuali kita membeli bitcoin tersebut. Bukan tidak mungkin kenaikan yang signifikan suatu saat akan terjadi penurunan yang tiba-tiba dan signifikan juga. Tidak ada yang pasti dalam bitcoin ini dan juga para regulator di berbagai dunia tidak mengakui mata uang ini termasuk Bank Indonesia namun kita bisa melakukan penukaran bitcoin kita ke mata uang lokal seperti rupiah yang langsung ditransfer ke rekening bank kita melalui layanan bitcoin yang kita gunakan contohnya seperti yang gw gunakan yaitu Luno. Mata uang digital selain bitcoin sangat lah banyak namun yang sedang naik daun adalah ethererum.

Buat teman-teman yang mau mencoba berinvestasi di mata uang digital silahkan mencoba membeli  atau jika ada modal dan waktu untuk menambang mata uang digital lebih bagus lagi. Namun perlu diingat tidak kepastian dalam mata uang digital ini sehingga nilainya sendiri menurut gw tidak bisa diprediksi. Resiko kembali lagi ditanggung oleh teman-teman semua yang ingin mencobanya.
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto