Alasan Memilih JBL Reflect Mini BT


Headset, earphones, earbuds atau apapun itu namanya memang menjadi cara kita menikmati musik secara personal. Nah sejak beberapa tahun lalu gw memang lebih suka membeli headset pihak ketiga dibandingkan bawaan pada smartphone hehe, jadi kalo beli hp bekas gw pasti headsetnya masih rapi. Beberapa merk yang pernah gw gunakan dan selama itu tidak mengecewakan adalah Sennheiser, Sony dan Pioneer. Alasan mengganti pada saat itu yaa bisa hilang bisa juga rusak karena penggunaan yang ekstrem hahaha.

Nah kebetulan headset gw Sennheiser CX200 Street II yang udah gw gunakan beberapa tahun terakhir ini udah mulai rusak setelah sekian lama sudah ketarik lah kabelnya, kecuci dan lain sebagainya tapi masih bisa bertahan lama. Gw puas dengan performa Sennheiser CX200 Street II sih cuma beberapa waktu lalu jack 3.5mm nya kaya ada gangguan. Kalo ngga pas masukinnya suaranya ngga jelas terdengar.

Nah iseng-iseng nyari headset baru dan kebetulan juga perkembangan jaman ke arah wireless. Sejak Apple mengeluarkan iPhone 7 yang tidak disertai dengan port 3.5mm maka trend ini diikuti juga oleh produsen-produsen lain.

Gw sih cari yang harganya masuk akal dikisaran maksimal 1 jutaan rupiah dan dari brand yang berpengalaman. Ada beberapa kandidat sih waktu itu dan hampir membeli Sony MDR-XB50BS yang harganya sekitar 900ribuan dan menurut review bass nya juga baik. Namun karena kurang cocok dengan desainnya jadi yaa ragu untuk beli. Setelah cari-cari akhirnya ketemu dengan headset bluetooth yang masih masuk ke anggaran dan menurut gw price to value nya pas banget. Akhirnya setelah berbagai pertimbangan gw membeli JBL Reflect Mini BT.

Setelah barangnya gw dapat dari salah satu toko online (pastikan barang tersebut original) ternyata ukurannya mungil jadi bisa disimpan dimana saja hehe. Untuk performanya sih dari sisi pendengar amatir kaya gw sih bass nya cukup berasa dan tidan berlebihan, vocalnya juga terdengar cukup jelas dan dynamic range nya cukup membuat gw kaget karena dynamic range untuk headset seharga 1,3 jutaan ini cukup luas.

Dari desain juga gw suka, saat kita pakai di telinga headset ini tidak dapat mudah terlepas. Selain itu headset ini juga sudah sweat proof dan juga ada microphone untuk melakukan panggilan telepon.

Saran gw buat teman-teman yang mau mencoba menggunakan headset bluetooth dengan harga yang tidak terlalu mahal dan penggemar musik casual yang suka berolahraga bisa mencoba membeli JBL Reflect Mini BT ini karena price to value yang ditawarkan sangat menarik.