Menyulap iPod Nano Menjadi Arloji


VIVAnews - Sejak awal peluncuran gadget besutan Apple bulan lalu, banyak yang terpana dengan perubahan yang terjadi pada iPod Nano.

Kini Apple iPod Nano memiliki bodi yang 46 persen lebih kecil dan 42 persen lebih ringan dari iPod Nano versi 2009. Ia juga menyediakan tombol fisik untuk volume.

Hilangnya navigasi roda yang digantikan dengan layar multi sentuh, serta bentuknya yang persegi, sempat membuat para audiens bertanya-tanya.

Pada acara peluncuran itu, pendiri dan CEO Apple Steve Jobs sempat setengah berseloroh bahwa gadget mungil ini bisa digunakan sebagai jam tangan.

"Salah satu dari anggota dewan direksi kami akan menjadikannya sebagai sebuah arloji," kata Jobs, seperti dikutip dari situs blog Huffington Post.

Dan ternyata hal itu kini benar-benar diwujudkan oleh produsen aksesoris iPod, Incipio.

Seperti dikutip dari situs teknologi CNet, Incipio baru-baru ini meluncurkan produk baru bernama Linq, yakni sebuah dudukan untuk iPod Nano yang dikenakan di pergelangan tangan.

Dengan aplikasi jam yang dimiliki oleh iPod, Linq benar-benar 'menyulap' iPod Nano menjadi sebuah arloji, tak cuma sekadar alat pemutar musik semata. Linq dibuat dari bahan polymer dengan tali arloji berbahan nylon.

Masalahnya, saat dipakai sebagai jam, kelihatannya agak janggal bila pengguna mendengarkan musik melalui headset berkabel, kecuali bisa dikoneksikan melalui Bluetooth.

Rencananya, Linq bakal mulai dipasarkan pada OKtober mendatang seharga US$ 25 (sekitar Rp 225 ribu).

Sementara, iPod Nano sendiri di dijual seharga 129 poundsterling (atau sekitar Rp1,8 juta) untuk model 8GB dan 159 poundsterling (Rp2,2 juta) untuk model 16GB. (sj)