Kamera Saku Sony Bisa Potret Foto 3D


JAKARTA, KOMPAS.com - Foto dalam format tiga dimensi kini semakin mudah dibuat dengan hadirnya kamera saku (pocket camera) terbaru Sony Cyber-shot DSC-WX5. Kamera ini dapat merekam foto panorama dalam format 3D yang menggabungkan secara otomatis 15 rekaman dari berbagai sudut pandang yang diambil secara simultan.

"Ini merupakan ther world first compact camera yang bisa rekam 3D panoramic," kata Irfan Rinaldi, Product Manager untuk Cyber-shot PT Sony Indonesia saat memperkenalkannya, Rabu (6/10/2010). Ia mengatakan seri ini merupakan penerus Cyber-shot DSC-WX1 dengan penambahan fitur-fitur baru termasuk kemampuan merekam 3D panoramic untuk pertama kalinya.

Hadirnya Cyber-shot-WX5 merupakan bagian dari kampanye 3D world campaign yang dicanangkan Sony mulai tahun ini untuk menghadirkan hiburan tiga dimensi secara menyeluruh. Sebelumnya, Sony telah memasukkan fitur 3D ke dalam perangkat elektronika buatannya mulai dari televisi.

Untuk merekam gambar panorama 3D, kamera ini menyediakan pilihan mode 3D sweep panorama. pengguna tinggal menggerakkan kamera secara horisontal atau vertikal untuk mengabadikan foto panorama 3D yang lebar. Kamera akan secara simltan merekam 15 buah gambar dan menggabungkannya menjadi satu.

Hasil rekaman tersebut dapat langsung dilihat di TV LCD yang mendukung tampilan 3D yang dihuungkan melalui kabel HDMI. Pengguna juga dapat melihatnya langsung di layar kameranya tanpa kaca mata khusus karena ada fitur sweep multi view, namun cara melihatnya dengan menggerakkan layar dari kiri ke kanan sehingga dapat melihat objek dari berbagai sudut pandang yang baru saja direkam.

Kamera saku ini juga punya kemampuan merekam gambar yang kualitasnya sebanding dengan kamera DSLR. Misalnya dengan adanya fitur Background Defocus yang membuat fotografer dapat mengabadikan foto portrait dan makro dengan latar belakang efek buram yang menarik yang sebelumnya hanya bisa dibuat kamera DSLR. Juga ada fitur superior auto low noise yang membuat hasil rekaman layaknya buatan fotografer profesional. Untuk merekam objek bergerak, kamera ini juga dilengkapi fitur rekaman berurutan dengan kemampuan 10 frame per detik. Hasil gambar pun langsung dapat diunggah ke berbagai situs web dengan aplikasi PMB Portable yang disertakan tanpa harus repot memindahkan ke komputer.

Sony Cyber-shot DSC-WX5 dilengkapi lensa bersudut 24 mm, sensor gambar Exmor R CMOS 12,2 megapixel, serta kemampuan merekam video full HD 1080p. Slot memori eksternalnya mendukung Memory Stick buatan Sony maupun kartu memori SD/SDHC/SDXC. Kamera saku ini akan tersedia mulai minggu ketiga Oktober 2010 dengan kisaran harga Rp 3,99 juta.