Kegendutan, 158 Polisi Disuruh Lari


BANGKALAN - Ratusan anggota Polres Bangkalan, diindikasikan mengalami berat badan di luar batas wajar (over weight).

Bila memang benar terjadi, besar kemungkinan akan mengganggu kinerja satuan, khususnya dalam mengejar dan menangkap para pelaku kriminal.

Kabagsumda Polres Bangkalan Komisaris Polisi Suhartono, mengatakan, dari jumlah total anggota yang ada yakni 754 orang, ada sekira 15 persen anggota yang mengalami kelebihan berat badan. Kondisi tersebut, dinilai menjadi suatu persoalan yang harus segera ditangani.

"Ya, kalau dikalkulasi ada sekira 158 anggota yang masuk kategori gemuk atau gendut. Ini menjadi pekerjaan rumah kami, untuk bisa segera diatasi," ujarnya, Selasa (12/10/2010).

Suhartono menjelaskan, bagi anggota yang masuk kategori gemuk, akan mendapat penanganan serius dari kesatuan. Dalam jangka pendek, anggota tersebut diwajibkan mengikuti pelatihan seperti berlari rutin di siang hari atau juga sore hari.

Untuk masalah teknis, kegiatan penurunan berat badan akan dilakukan dua kali dalam satu minggu, yakni Selasa dan Sabtu. Hal tersebut dilakukan untuk menurunkan kadar lemak yang bersarang pada tubuh mereka, sehingga bisa kembali energik.

"Kalau dibiarkan, mereka akan sulit kalau mengejar para penjahat nantinya. Makanya akan ada program untuk menurunkan berat badan, wajib untuk semua jajaran," tegasnya.

Suhartono menjelaskan, anggota polisi yang mengalami over weight akan dibagi dalam tiga kelompok sesuai dengan usia, yakni dari usia 20-30 tahun dan 30 - 40 tahun, diwajibkan berlari pada siang hari dengan menggunakan jaket.

Sementara untuk golongan yang berusia 40 tahun ke atas, lari jarak pendek pada sore hari.

"Itu akan berlaku sampai memiliki berat badan yang ideal. Nah, kalau tidak tetap akan mengikuti program yang kami lakukan," tambahnya.

Perlu diketahui, untuk rumus dari berat badan ideal bagi jajaran kepolisian, yakni tinggi badan dikurangi 100 plus 10 persen. Misalnya, bila tinggi badan anggota diketahui 160 cm, maka berat badan ideal yakni 54 kilogram.

Bila ada kelebihan 10 kg, itu dinamakan over weight.

Sementara itu, salah satu anggota Reserse Polres Bangkalan yang enggan disebut , menyambut baik adanya program yang akan dilakukan oleh jajarannya. Dia mengakui, telah mengalami over weight karena jarang olahraga, ditambah lagi dengan sering makan di malam hari, menjelang tidur.

"Tak ada masalah, program tersebut akan berdampak positif bagi kami," ucapnya.
(Subairi/Koran SI/lam)