SBY Beri Sinyal Loloskan Pemain Keturunan


VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diyakini sudah memberikan sinyal positif terhadap pemain Belanda keturunan Indonesia, segera dinaturalisasi bergabung di tim nasional (timnas) Indonesia.

Kepastian itu disampaikan presiden saat bertemu muka dengan tiga pemain asal Belanda keturunan Indonesia, pada waktu menyaksikan pertandingan persabahatan Indonesia versus Uruguay, Jumat lalu.

Tiga pemain sepak bola asal Belanda keturunan Indonesia itu yakni Jhonny Rudolf Van Beukering, Raphael Guilermo Eduardo Maitimo, dan Tobias Jesajas Waisapij.

"Pernyataan Presiden SBY memberi kami sinyal positif untuk menyelesaikan berkas-berkas pemain keturunan agar diurus ke pemerintah Indonesia, yang selama ini terbentur aturan kewarganegaraan," kata Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arif dihubungi VIVAnews.com, Senin pagi.

Karena itu, bila tidak ada halangan semua urusan yang berkaitan dengan surat-surat dan berkas-berkasnya akan diselesaikan hari ini (Senin 11 Oktober).

"Kami yakin pada saat pertemuan antara presiden dengan pemain keturunan, Menpora Andi Mallarangeng langsung diinstruksikan. Dengan demikian, diharapkan tidak akan terbentur di kementerian Hukum dan HAM,"

Apalagi, bila melihat kemampuan para pemain keturunan yang sudah bisa menyesuaikan pola para pemain timnas Indonesia. Bahkan, lanjut Iman, bila perlu presiden diundang untuk menyaksikan pertandingan ekstra yang melibatkan pemain keturunan ini.

Bahkan dalam perbincangannya dengan tiga pemain keturunan, Presiden SBY menyatakan senang dan tak lupa mengucapkan selamat datang kepada tiga pemain 'naturalisasi' itu. SBY berharap, ketiganya dapat memberi andil dan memajukan sepakbola nasional. (hs)