Tas Berat Bikin Perempuan Tua Lebih Cepat?


KOMPAS.com — Apa pun profesinya, saat ini kesibukan wanita makin tinggi, barang bawaannya pun makin banyak dan berat. Mulai dari dompet, ponsel, perlengkapan make up, agenda, sepatu ganti, dan masih banyak lainnya. Tak heran satu tas tangan perempuan beratnya bisa mencapai 4 kilogram. Tak hanya merepotkan, tas tangan penuh dan berat juga bisa mempercepat penuaan.

Membawa tas mempunyai dampak besar terhadap postur dan pergerakan kita, begitu pendapat Russell Stocker, fisioterapis dari Bupa's Center di London, seperti dikutip dari Daily Mail. Awalnya kita tak menyadari masalah ini, tetapi lama kelamaan tas berat akan menunjukkan dampaknya pada tubuh secara dramatis seiring upayanya untuk beradaptasi dan mengompensasi, apalagi jika diperparah dengan mengenakan sepatu hak tinggi.

Menurut British Chiropractic Association, terdapat peningkatan terhadap keluhan masyarakat mengenai rasa tegang dan sakit pada leher dan pundak akibat menenteng tas tangan berat dan besar. Penyebab terseringnya adalah karena ketegangan pada otot leher, kejang pada pundak, iritasi saraf pada lengan, ditambah masalah pada lutut dan persendian.

Untuk menghindari masalah kesehatan ini, ada baiknya untuk mendistribusikan beban bawaan pada beberapa tas. Jika hal itu tak memungkinkan, sebaiknya cari koper kecil untuk Anda seret ke mana pun. Mana lebih baik, sehat dan kuat di masa tua atau gaya tetapi kesakitan sejak muda?

NAD

Editor: Nadia Felicia

Sumber: AolHealth