Fitur Baru dan Harga OS X Lion

Jakarta - OS keluarga kucing Apple terbaru hadir pada perhelatan Apple World Wide Developer Conference (WWDC) 2011 di kali ini. OS X Lion bakal membuat perubahan besar bagi pengguna Mac. Berapa harganya?

Dengan hanya membayar USD 30, para pengguna Mac bisa mendapatkan update OS sebesar 4 GB ini di App Store. Pada acara yang berlangsung sekitar dua jam tersebut, eksekutif Apple Phil Schiller dan Craig Federighi mengatakan bahwa OS baru ini mulai tersedia Juli 2011 di App Store. Nah, berikut ini adalah beberapa fitur terbaru pada OS X Lion, seperti yang disaksikan detikINET, melalui live streaming video pada usastreamtv, Selasa (7/6/2011) dini hari.
 
Mac App Store

Ya, akhirnya App Store bakal diboyong ke Mac OS X 10.7 Lion. Dengan ini pengguna dapat langsung mengunduh aplikasi yang mereka inginkan secara langsung. App Store bagi Mac ini bakal muncul bersamaan dengan dirilisnya Mac OS X Lion yang bakal dirilis di 2011 mendatang.

Pengguna Snow Leopard tak perlu risau. Pasalnya Apple memberi kesempatan untuk mencicipi Mac App Store ini selama 90 hari.

20-10-2010-20-24-16


Launchpad

Fitur baru ini memberi kesempatan kepada para pengguna untuk mengakses secara mudah semua aplikasi yang diunduh layaknya iPad dalam Mac. Cukup klik ikon aplikasi Launchpad, dan langsung jajal aplikasinya.


launchpad



Full-Screen Apps

Tampaknya Apple benar-benar mengawinkan iPad dengan Mac OS X. Kini pengguna bahakan bisa menikmati tampilan aplikasi secara full-screen, yang membuat tampilan menjadi lebih impresif.


full-screen-apps


Mission Control

Mission control merupakan gabungan dari kekuatan dan daya pesona Exposé, Spaces, Dashboard, serta tampilan full screen apps dalam satu wadah. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat seluruh tab windows yang aktif yang terbagi dalam suatu grup aplikasi.

mission-contorol

Launchpad

Fitur ini adalah adalah shortcut baru pada iOS. Pengguna dapat memilih folder mereka di bar yang bisa digeser-geser. Sepertinya cukup simpel digunakan, sesuai fitur khas Apple yang didesain simpel dan elegan.


Resume

OS X Lion akan mengingat semua aplikasi sebelum pengguna menekan tombol keluar. Nah, saat masuk ke aplikasi itu lagi, pengguna langsung bisa melanjutkan tampilan terakhir aplikasi yang ditutup tadi.


Auto Save

Sesuai namanya, ini adalah fitur penyimpan otomatis semua pekerjaan yang telah dilakukan. Selain itu masih terdapat fitur baru lain seperti: Air Drop, dan peer-to-peer Wi-Fi-based network.


Mail

Aplikasi email pada OS X mendapat perhatian juga. Kini pengguna bisa merasakan tampilan tiga kolom, serta layout fullscreen. Selain itu terdapat fitur pencarian cepat. Dan yang paling penting fitur ini mendukung format Rich text seperti bold, italic, dan sebagainya.
 
 
http://cache.gawkerassets.com/assets/images/4/2011/06/applewwddcc149.jpg