Happy 3rd Birthday My Blog!

Source: http://wickedortega.wordpress.com/2012/02/05/happy-3rd-birthday/

                Tidak terasa pada hari ini 22 April 2013 blog ini sudah berumur 3 tahun. Gw masih ingat awalnnya membuat blog ini pada tanggal 22 April 2010 dan langsung membuat posting pertama di kamar gw cuma niatnya untuk iseng. Gw membaca artikel tentang personal branding pada saat itu, nah kepikiran untuk membuat sesuatu untuk sekedar berbagi ide dan pengalaman gw. Pada saat itu Facebook sedang booming dan Twitter sedang tumbuh di Indonesia, memang dengan social media kita dapat berbagi ide kita namun sifatnya social media yang cepat dan tidak mendetail maka mulai tumbuh keinginan untuk membuat blog. Mengapa blog? Karena di blog kita dapat menuangkan berbagai macam cerita kita lengkap dengan foto, musik, dan video lalu kelebihan blog yang artikelnya lebih bersifat “abadi” dibanding social media dan juga ramah terhadap search engine sehinggal orang yang kebetulan mencari informasi dapat menemukan informasi itu di blog kita contohnya mencari suatu informasi di google.

Statistik per tanggal 22 April 2013 pukul 10.00

                Setelah ada keinginan untuk membuat blog langkah kedua yang gw pikirkan itu memilih platform yang cocok yaitu antara blogger dari google atau wordpress. Memang wordpress memiliki kelebihan dengan plugin yang sangat banyak dan kemudahan untuk melakukan kustomisasi tetapi blogger lebih simple dan kelebihannya adalah dia produk google (jujur gw fans google dari dulu hehe). Dengan berbagai macam produk google dan gw percaya pasti semua produk akan saling terintegrasi (dan kenyataanya hampir semua produk google sekarang terintegrasi) maka gw memilih blogger sebagai media berbagi gw.

                Seperti gw ceritakan di awal bahwa tujuan membuat blog ini adalah personal branding maka gw membuat sebuah logo sederhana dengan bantuan corel, photoshop, dan paint. Karena pada dasarnya gw emang ngga bakat bikin gambar jadi maklumin aja yaa gambarnya hehe. Inspirasi membuat logo ini sendiri ada pada negara tercinta kita INDONESIA. Warna merah putih menggambarkan warna bendera kebanggaan kita, lalu garis pinggir berwarna biru menggambarkan lautan luas yang mengelilingi kita, warna hijau sendiri melambangkan kepulauan kita yang penuh dengan alam yang indah, bentuk warna hijau gw gambarkan seperti burung yang sedang terbang ditambah cahaya yang bersinar menunjukkan bahwa kita pasti bisa mencapai cita-cita kita dan terbang bebas seperti burung, dan yang terakhir inisial RP sendiri merupakan nama gw Rizky Prawinto. Nah itu filosofi sederhana dari logo gw (kebetulan teman-teman yang nanya apa arti filosofi logo sederhana gw hehe).

                Awalnya gw belum fokus pada isi blog gw sendiri tapi pada hal teknis seperti bagaimana blog gw dapat mudah untuk dicari dan bagaimana mempermudah sharing artikel blog gw sendiri. Nah disini gw belajar banyak soal apa itu sitemap, RSS, indexing, webmaster, HTML, auto share, auto ping, header, body, widget dan lain sebagainya. Walaupun gw belum terlalu jago tapi jadi tahu ilmu lebih banyak soal web ini menambah pengetahuan gw.

                Di blog ini gw juga tambahkan berbagai macam account social media yang gw punya agar para pengunjung bisa mengenal gw lebih dekat. Secara konsep blog ini gw memegang teguh konsep integrasi dan berbagi jadi jangan heran semua account gw terhubung ke blog ini termasuk signature email gw dan adanya tombol share ke hampir semua account social media (thanks ShareThis!!!) lalu tak lupa juga akhir-akhir ini gw menambahkan fitur related post agar posting lama yang berhubungan dengan posting terbaru masih dapat muncul untuk dibaca  kembali (thanks Nrelate!!).

                Bongkar pasang widget, kode HTML, sampai coba-coba fitur baru gw lakukan sampai suatu saat semuanya kacau :(. Disini gw mulai mengerti pentingnya back up template agar suatu hari ini jika terjadi error akan dengan mudah gw restore lagi templatenya.


              Oh yaa gw sempat juga kepikiran buat aplikasi mobile untuk blog ini, karena pada dasarnya gw ngga ngerti coding akhirnya gw cari jalan lain untuk membuat aplikasi ini. Akhirnya gw menemukan beberapa application generator untuk membuat aplikasi sederhana gw. Gw inget banget, gw buat aplikasi ini pada saat ada waktu senggang saat dinas ke Palembang. Mau coba aplikasi gw? Bisa coba klik disini.

                Isi blog gw pada awalnya melenceng jauh dari niat personal branding. Blog gw hanya berisi berita copy-paste dari web lain (tenang link asli artikel  tersebut bisa diakses dengan mengklik judul artikelnya). Memang traffic blog meningkat drastis dari tidak ada yang berkunjung sampai ada 50-100 pengunjung setiap harinya sampai-sampai gw sempat memasang iklan pay per click untuk blog ini. Gw ngelakuin ini semata-mata memang untuk menambah traffic tapi disisi lain gw belum percaya diri untuk menulis artikel sendiri.

                Gw lalu mulai mencoba menggunakan domain gratis untuk tujuan personalisasi (disini pengenalan pertama gw soal domain dan hosting), maka dapatlah nama http://rizkyprawinto.co.cc (sekarang sudah tidak aktif) dan mencoba membuat email domain sendiri dengan Google apps lalu mulai membuat email sendiri contohnya milis@rizkyprawinto.co.cc. Selama sebulan gw uji coba dan ternyata berjalan lancar gw mulai menggunakkan domain ini untuk account Himapi STEKPI.

                Namun akhirnya gw sadar kalo tidak bisa mengisi artikel gw dengan berita copy-paste, maka saat gw sudah kerja dan tepatnya bulan Desember 2011 gw mulai membuat artikel sendiri dengan pertama mengumpulkan dokumentasi selama gw kuliah dan mengingat momen-momen tersebut untuk gw jadikan artikel blog gw. Traffic blog gw meningkat cukup pesat antara 100-300 pengunjung sehari dan ternyata setelah gw cek banyak juga yang search sesuatu di google dan berkunjung ke blog gw. Disinilah gw tahu apa arti sesungguhnya personal branding. Posting gw memang lebih sedikit dibanding waktu dulu copy-paste tapi artikel gw lebih orisinal sehingga lebih mudah dikenali oleh search engine dan ada kepuasan tersendiri jika artikel kita tersebut dibaca oleh masyarakat walaupun sebenarnya tulisan gw masih jauh dari kata baik.

                Gw sudah berada dalam jalur yang benar soal artikel tapi mendadak domain .co.cc mendadak mati dan ini berlaku ke seluruh domain .co.cc (sempat bikin account Himapi STEKPI lumpuh sebelum pindah ke domain .com). Setelah gw pikir-pikir kenapa gw ngga coba beli domain aja disamping nama lebih personal juga bisa membuat email baru untuk kepentingan lain. Maka gw membeli domain http://rizkyprawinto.com (klik disini untuk membaca ceritanya) dengan email yang aktif salah satunya milis@rizkyprawinto.com untuk membaca milis high traffic.

                Sekedar berbagi cerita awal mula membuat blog ini semoga menjadi inspirasi bagi teman-temang yang mau menuangkan ide lewat blog karena lucu juga sebenarnya kalo gw membaca artikel gw pada saat ospek maupun momen-momen menarik pada jaman dulu sekaligus melihat foto maupun videonya. Pasti gw bakal tersenyum kecil sekaligus kangen pada saat-saat itu. Karena dengan blog (kalo tidak dimatikan oleh google ataupun platform yang lain hehe) akan menjadi buku kenangan dan dokumentasi ide yang abadi :). Ayo bagikan ide dan ceritamu!
               
                
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto