Thursday, May 14, 2015

Tips: Kirim-terima Yahoo Mail menggunakan Gmail

Sumber gambar: blog hostonnet

Tentu banyak diantara kita yang sebelumnya memiliki email Yahoo lalu beralih ke Google Gmail karena fitur-fitur yang ditawarkan oleh Google lebih menarik dibandingkan layanan yang diberikan oleh Yahoo. Disatu sisi banyak relasi lama kita yang sudah terlanjur mengetahui alamat email yahoo kita, disisi lain kita ingin beralih sepenuhnya ke layanan google tanpa ketinggalan info dari email yang kita terima dari account yahoo mail kita.

Nah kali ini gw mau berbagi sedikit tips agar kita dapat mengirim dan menerima email yahoo kita melalui layanan Gmail.

Ada dua cara jika kita ingin mengirim dan menerima email yahoo dari Gmail, yaitu dengan POP3 maupun dengan cara forwarding (berlaku untuk semua account yahoo baik itu @yahoo.com, @ymail.com, @rocketmail.com maupun yahoo regional seperti @yahoo.co.id).

- Pertama-tama masuk ke account yahoo mail kita dan pilih settings


- Lalu pilih accounts


- Setelah itu pilih edit


Nah sampai pada tahap ini kita bisa memilih apakah mau dengan metode POP3 atau mau dengan forwarding

A. Untuk POP3 bisa kita pilih pengaturan seperti dibawah ini lalu save


Nah setelah pengaturan tersebut disimpan, untuk lebih jelasnya bisa diklik disini 


B. Untuk metode forwarding bisa disimak dibawah ini

- Pilih pengaturan sesuai gambar dibawah


- Setelah disimpan lalu masuk ke account Gmail kita


- Buka email dari Yahoo



- Klik link untuk verifikasi


- Ikuti petunjuk hingga selesai dan setiap email yang dikirim ke yahoo mail teman-teman maka akan secara otomatis masuk ke gmail





Sederhana kan caranya? hehe... Gw pribadi sih lebih memilih menggunakan metode POP3 dibandingkan forwarding cuma teman-teman bisa mengetest mana metode yang cocok digunakan oleh teman-teman. Metode POP3 ini sendiri sih udah lama gw gunain mungkin hampir 4 tahunan.

Beberapa poin yang mesti teman-teman perhatikan jika menggunakan metode POP3 sesuai pengalaman gw yaitu:
- Dengan menggunakan POP3 kemungkinan besar Gmail akan mendownload semua inbox yahoo mail teman-teman jadi akan sangat lama menunggu proses ini selesai jika teman-teman hanya ingin menerima email yang baru saja maka bisa menggunakan metode forwarding atau teman-teman bersikeras menggunakan POP3 pastikan inbox tidak terlalu banyak atau malah lebih bagus jika dihapus semua yang ada di inbox.

- Menggunakan POP3 itu tidak real time jadi ada jeda waktu beberapa menit sampai email itu masuk ke gmail.


Mungkin itu beberapa poin penting jika menggunakan metode POP3, hanya saja sampai sekarang gw masih nyaman menggunakan POP3 untuk menarik email yang ada di yahoo mail ke gmail gw. 

Semoga tips ini berguna buat teman-teman semua yaa :)