Berubahnya Cara Menikmati Media

Sumber gambar: https://www.4kdownload.com


Dengan semakin cepatnya koneksi internet dan penyebaran yang makin rata ditambah penyerapan gadget terutama smartphone yang tinggi membuat cara kita untuk menikmati suatu media entah itu musik ataupun film ikut berubah. Jika dahulu kita ingin menikmati sebuah musik atau film maka kita harus membeli secara fisik baik itu kaset, CD, DVD dan lain sebagainya ataupun mendownload konten tersebut baik itu secara legal maupun ilegal. Ada rasa ingin "memiliki" yang timbul jika kita ingin menikmati konten-konten tersebut.

Seperti yang sudah disinggung diatas jika koneksi internet yang makin cepat dan penetrasi smartphone yang tinggi mengubah kebiasaan kita menikmati konten-konten media. Layanan streaming seperti apple music, google play, spotify, joox, iflix, netflix dan lain sebagainya terbukti mengubah cara kita menikmati konten musik dan film. Kita tidak perlu menyediakan ruang penyimpanan yang cukup besar untuk menikmati konten tersebut karena semuanya ada secara cloud yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja ditambah konten yang sangat banyak untuk bisa dinikmati.

Semua penyedia layanan streaming rata-rata memberikan layanan free trial ataupun gratis dengan batasan tertentu. Tantangan terbesar untuk mengajak pengguna beralih ke pelanggan premium adalah metode pembayaran yang rata-rata menggunakan kartu kredit dimana penetrasi kartu kredit sendiri sangat kecil di Indonesia. Namun beberapa layanan streaming asing sudah menggandeng partner lokal sebagai media pembayaran agar pelanggan dapat beralih ke layanan premium dengan mudah karena metode pembayaran tidak hanya melalui kartu kredit tapi bisa dengan memotong pulsa, internet banking, transfer ATM bahkan membayar di convenience store. Layanan premium sendiri biasanya mampu memutar musik dan video dengan kualitas yang baik (versi high quality biasanya ada di setting saat kita beralih ke premium) dibanding versi gratis dan kebanyakan layanan premium juga menawarkan menikmati konten-konten mereka secara offline sehingga saat kita akan menikmati konten kita tersebut tidak dikenakan biaya data lagi karena konten tersebut telah kita download sebelumnya.

Khusus untuk layanan streaming musik, kita juga bisa menikmati lagu-lagu terbaru tanpa harus download lagu ilegal dengan kualitas yang lagu yang rendah. Ke depan layanan streaming ini akan terus menjamur dan diharapkan angka pembajakan akan terus turun. Jadi buat semua yang sudah puas dengan versi gratis layanan stramingnya cobain deh versi premiumnya dijamin menikmati musik & filmnya menjadi semakin mantap :p