Tips Menerbangkan Drone dengan Aman & Nyaman



Seperti dipostingan sebelumnya tentang drone pertama gw yaitu DJI Mavic Mini dan mulai terbiasa menerbangkan drone tersebut sampai pernah kecelakaan karena DJI Mavic Mini tidak memiliki sensor depan dan menabrak pada saat otomatis return to home seperti dibawah ini:


Nah dari pengalaman ini gw ingin berbagi tips cara menerbangkan drone dengan aman dan nyaman:

  • Isi Penuh Baterai
Nah ini tips pertama yaitu isi penuh baterai baik itu drone, remote drone maupun smartphone yang kita gunakan, agar dapat terbang lebih nyaman dan lebih lama.

  • Gunakan Kacamata Hitam
Buat teman-teman yang berencana terbang di siang hari lebih baik mengguakan kacamata hitam agar kita dapat melihat lebih nyaman dan tidak silau terkena sinar matahari. Hal ini juga berguna memudahkan memantau lokasi drone kita baik secara langsung maupun di layar smartphone.

  • Cek Cuaca
Sebelum terbang pastikan cek cuaca di lokasi. Jika kondisi mendung dan angin sangat kencang sebaiknya tidak usah memaksakan terbang karena sangat berbahaya.

  • Update Homepoint
Saat terbang pastikan drone telah berhasil melakukan update homepoint agar nantinya drone dapat melakukan return to home di lokasi yang tepat.
 
 
  • Pastikan Lokasi Aman
Sebelum terbang pastikan lokasi tidak terlalu banyak penghalang seperti tembok, pohon, tiang listrik, kabel, banyak orang dan lain sebagainya. Karena memang saat kita terbang mungkin merasa aman namun untuk drone yang tidak memiliki sensor depan akan sangat berbahaya karena jika kitaenerbangkan drone dan melewati penghalang  dengan aman namun saat kehilangan sinyal maka drone akan otomatis return to home nah ini yang jadi masalah karena drone tidak akan mengikuti rute terbang sebelumnya tapi dari titik terakhir akan langsung menarik garis lurus ke titik awal, bayangkan jika diantara titik itu ada penghalang maka kan hancur drone yang kita miliki jika tidak memiliki sensor depan.

  • Pastikan Aturan di Lokasi
Pastikan tidak ada larangan terbang di lokasi agar menghindari kecelakaan ataupun teguran dari pihak yang berwenang.


Mungkin itu  beberapa tips yang bisa gw bagikan kepada teman-teman dari pengalaman menerbangkan drone selama ini. Semoga teman-teman dapat terbang nyaman dan aman yaa. Yang terpenting adalah terus berkreasi :)


 

 
 

Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto