Nintendo Rayakan Ultah Super Mario Bros


INILAH.COM, Jakarta – Nintendo merilis game pada 13 September 1985 dengan cerita aneh menceritakan seorang tukang ledeng dengan kekuatan khusus menyelamatkan putri dari orang jahat.

Dalam perjalanannya, tukang ledeng ini akan melawan jamur, kura-kura dan makhluk jahat lainnya. Gagasan ‘aneh’ ini menghasilkan US$40 juta (Rp 357,6 miliar) dan merupakan salah satu game terbaik sepanjang masa, dan kemarin tokoh ini merayakan ulang tahun ke-25.

Super Mario diciptakan oleh Shigeru Miyamoto dan awalnya dikenal sebagai 'Jumpman'. Kantor Nintendo di Amerika Serikat (AS) mencoba mencari nama yang lebih baik dan saat mencari nama itu mereka di sela oleh pemilik kantor yang mereka sewa, Mario Segale, di mana kemudian mereka menamai karakter itu Mario.

Mario awalnya adalah seorang tukang kayu bukan tukang ledeng. Komposer Nintendo, Koji Kondo menciptakan soundtrack terkenal Super Mario Bros ini. Tema musik utamanya dikenal sebagai Ground Theme yang sekarang telah menjadi ciri khas musik game ini. Tema musik ini pernah masuk tangga lagu ringtone Billboard selama 125 minggu.

Seperti dikutip Inilah.com dari IANS, seri Super Mario termasuk dalam catatan Guinness Book of World Records sebagai game franchise tersukses sepanjang masa. Survei tanya-jawab yang pernah dilakukan pada 1990-an menunjukkan bahwa Mario lebih diakui oleh anak-anak Amerika daripada Mickey Mouse. [mor]