Gelar Konferensi Dunia, UGM Hadirkan Muhammad Yunus Peraih Nobel


Jakarta - Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menggelar perhelatan internasional World Conference on Science, Education & Culture – WISDOM 2010. Acara tersebut juga untuk menghormati dan mengenang Dr Ann Dunham Soetoro dan Prof Dr Mubyarto sebagai tokoh di bidang pengembangan ekonomi kerakyatan.

Mendiang Dr Ann Dunham, ibunda Presiden Amerika Serikat Barack Obama, dan almarhum Prof Dr Mubyarto adalah pejuang-pejuang ekonomi berbasis kerakyatan yang memiliki ikatan erat dengan Universitas Gadjah Mada.

"Prof Dr Muhammad Yunus dari Bangladesh, peraih nobel perdamaian tahun 2006 akan tampil sebagai pembicara kunci," kata Rektor UGM, Prof Ir Sudjarwadi kepada wartawan di Balai Senat UGM di Bulaksumur Yogyakarta, Jumat (15/10/2010).

Dia mengatakan, acara tersebut akan digelar di kampus dan sejumlah lokasi yang merupakan situs budaya dan sejarah di kota Yogyakarta mulai tanggal 8-11 November 2010. Acara dengan tema besar "Local Wisdom Inspiring Global Solutions" ini akan diikuti oleh 750 peserta dari 15 negara.

Menurut Sudjarwadi, konferensi ini bertujuan untuk menggali kearifan lokal di dunia yang penuh dengan nilai-nilai kehidupan manusia. Kearifan lokal juga dapat menjadi inspirasi penyelesaian masalah-masalah dunia yang muncul saat ini.

"Kearifan lokal itu memiliki potensi dan kekuatan sangat besar untuk menginspirasi sintesis keragaman karakter sebagai solusi masalah dunia dan mampu memberi manfaat dalam meningkatkan mutu tatanan hidup masyarakat dunia," katanya.

Sementara itu Organizing Committee, Prof Ir Atyanto Dharoko, MPhil, PhD menambahkan ada enam tema utama dalam pertemuan selama empat hari itu di antaranya 'Managing Multiculturalism: Complexities and Contradictions, Education in a Global World: Continuity and Change, Managing the Environment: Learning from the Past, Reaching for the Future, Technology and Socio-Cultural Change, Heritage Tourism and Creative Economy, Local Knowledge and Global Health'.

Sebanyak 750 peserta dari 15 negara akan hadir. Beberapa tokoh yang akan hadir diantaranya Prof Dr Sri Edi Swasono, Prof Dr Azyumardi Azra, Prof Dr Franz Magnis-Suseno, Prof Dr Arief Rachman, MPd, Dr Ninok Laksono, Dr Charles Saerang, Garin Nugroho, Dwiki Dharmawan dan Carmanita.

Sementara tokoh-tokoh akademis dari luar negeri yang akan hadir antara lain Prof Michael Hitchcock, PhD (Inggris), Prof Dr Datuk Mohd Noh Dalimin
(Malaysia), Prof Duujian Tsai (Taiwan), Prof Dr Kwok Kian Woo (Singapura), Prof Kaoru Takara (Jepang), Prof Bruce Mitchell, PhD, Prof Uichol Kim, PhD. (Korea Selatan), Dr Jean Couteau (Prancis), Prof Paul Morris (Selandia Baru), Prof Dr Judith Schlehe (Jerman), Dr Nancy Cooper (USA), Sandra Niessen, PhD (Canada) dan Prof Alice Dewey (USA).
(bgs/irw)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto