RIM Bangun 'Tembok Sejarah' BlackBerry


Beijing - Hampir semua pengguna smartphone saat ini mungkin sudah familiar dengan BlackBerry Onyx, Storm, hingga Torch. Namun ketika ditanya tentang handset BlackBerry di awal tahun 2000, apakah Anda tahu juga?

Jika ditanya seperti itu, pasti hampir semua pengguna cuma bisa geleng geleng kepala. Hal ini wajar, sebab gadget besutan Research In Motion (RIM) itu baru booming beberapa tahun belakangan.

Nah, mungkin untuk mengenalkan pengguna dengan sejarah handset BlackBerry, RIM pun membangun semacam 'tembok sejarah' BlackBerry ketika meramaikan event China Comm Expo yang berlangsung di Jing an Zhuan International Exibition Centre, Beijing.

Dalam acara yang dihelat 11 hingga 15 Oktober 2010 itu, RIM memamerkan deretan BlackBerry jadul yang sudah hilang tertelan zaman hingga produk terbaru mereka. Perangkat-perangkat tersebut ditempatkan pada lobang yang ada di 'tembok sejarah' tersebut.

Jadi ketika ada pengguna, mereka bisa mengetahui atau sekalian belajar tentang sejarah dan transformasi BlackBerry dari tahun ke tahun sebelum berjaya seperti sekarang ini.

DetikINET mencatat, BlackBerry paling 'tua' yang ada di tembok tersebut adalah BlackBerry berjenis R850 yang lahir pada tahun 1999. Dalam keterangannya, handset ini dikatakan sudah mendukung dengan BlackBerry Exchange dan Enterprise Server

Ketika melihat bentuknya, jangan berharap jika handset ini sudah seperti BlackBerry sekarang ini. Namun lebih mirip pager dengan tombol keyboard yang banyak

Dua tahun kemudian -- atau tepatnya di tahun 2001 -- baru lahir BlackBerry 7100 yang dikatakan sudah support Lotus Notes Domino. Selanjutnya disusul dengan BlackBerry 5800 di tahun 2002, seri 7700 pada 2003, hingga pada akhirnya yang paling gress, BlacBerry Torch yang baru saja dilepas.

"Tembok yang unik, jadi seperti belajar masa lalu BlackBerry di tembok sejarah," ujar pengunjung booth BlackBerry.