Peluang di Tengah Pandemi COVID-19


Pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung di hampir sepanjang tahun 2020 ini membuat banyak kekacauan di seluruh dunia mulai dari aktifitas perekonomian yang turun sampai dengan rutinitas yang terganggu, Tentu menjadi hal yang menyedihkan melihat perusahaan yang gulung tikar, pemutusan hubungan kerja yang terjadi di berbagai sektor, sampai korban yang berjatuhan akibat COVID-19.


Namun di tengah pandemi yang entah akan berakhir kapan ada secercah peluang yang dimanfaatkan masyarakat untuk sekedar mencoba hal baru di luar rutinitas baik itu untuk sekedar berkreasi maupun untuk meraup keuntungan untuk menambah pemasukan mereka.

 

Saat ini merupakan momen yang tepat untuk teman-teman semua untuk mencoba hal-hal yang baru untuk mengatasi kejenuhan di rumah. Karena saya yakin jika rutinitas nantinya sudah normal kembali mungkin kecil kemungkinan teman-teman semua untuk berkreasi hehe.

 

Dapat kita lihat di sekeliling kita saat ini banyak orang mulai belajar memasak ataupun menciptakan masakan baru, ada juga yang mulai memberanikan diri untuk membuat video youtube untuk berkreasi, lalu ada juga yang mulai membuat & belajar menulis blog, selain itu ada juga yang mulai memelihara hewan atau tanaman untuk menghilangkan rasa jenuh sampai dengan teman-teman yang mulai berjualan berbagai macam barang dan kegiatan baru lainnya, semua ini dapat dilakukan asal teman-teman semua bertekad untuk Berani Lebih Baik dalam menghadapi pandemi ini dan juga sebagai peluang untuk mengembangkan diri.





Jika teman-teman mungkin belum memiliki ide untuk berkreasi pada masa pandemi ini, teman-teman bisa juga kok untuk mengisi waktu dengan menambah wawasan dan kemampuan teman-teman. Saat ini banyak sekali webinar yang dapat teman-teman ikuti secara online atau jika teman-teman ingin menambah kemampuan berbahasa asing juga dapat dilakukan di masa pandemi ini misalnya dengan banyak menonton film atau membaca buku berbahasa asing. Semua ini dapat teman-teman lakukan agar tidak jenuh namun bermanfaat bagi pengembangan diri.

 

Hal baru apapun asal positif ini yang dapat teman-teman coba saat aktifitas terbatas seperti saat ini. Seperti saat channel youtube saya yang mulai aktif membuat konten saat PSBB mulai dilakukan dan beberapa video mendapatkan respon positif dari netizen. Bukan tidak mungkin hal-hal baru yang teman-teman coba saat ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.


Buat teman-teman yang masih bekerja dapat juga membantu teman-teman yang terkena pemutusan hubungan kerja dan sedang berusaha untuk berkreasi dengan menjual barang atau makan dengan membeli atau setidaknya mempromosikan barang atau makanan yang mereka jual. Karena dengan begitu kita sudah membantu orang-orang yang sedang kesulitan.


Peluang yang menarik yang ditemukan selama pandemi ini adalah juga semakin banyaknya musisi yang menggelar konser online maupun berkreasi dengan merekam video mereka terlebih dahulu lalu digabungkan sehingga menjadi hasil karya kreatif yang sangat menghibur masyarakat yang berada di rumah. Pada saat seperti inilah keterbatasan pada saat pandemi, orang-orang kreatif yang Berani Lebih Baik tidak menyerah dengan keadaan namun dapat menemukan cara untuk tetap berkreasi dan menghibur masyarakat.

 

Memang setiap musibah pasti ada hikmahnya, saat ini mungkin yang biasa tidak punya waktu di rumah sekarang malah dapat menghabiskan banyak waktu di rumah. Apapun itu manfaatkan waktu yang ada untuk menyalurkan hobi atau mencoba hal-hal baru yang positif agar kita tidak larut dalam kejenuhan. 

 

Semoga teman-teman semua selalu diberikan kesehatan dan dapat membantu orang-orang sekitar yang membutuhkan. Selamat berkreasi ya teman-teman semua :)

 

Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto