RIM Klaim Miliki 250.000 Server Blackberry


ONTARIO - Research in Motion (RIM) melaporkan jumlah pengguna Blackberry di dunia saat ini telah mencapai 50 juta pengguna. Untuk melayani pengguna, perusahaan yang berbasis di Kanada itu menyatakan jumlah server Blackberry pun meningkat menjadi 250 ribu server.

Pertumbuhan jumlah pengguna itu menyatakan sepanjang kuartal kedua 2010, pengapalan Blackberry mencapai 12 juta unit. Keuntungan perusahaan pun langsung melonjak hingga sembilan persen dibandingkan kuartal pertama 2010.

Seperti dilansir Cnet, Sabtu (18/9/2010), keuntungan perusahaan naik menjadi USD796 juta padahal kuartal pertama hanya USD768,9 juta.

Menurut CEO RIM Jim Balsillie, pertumbuhan ini akan terus berlanjut pada kuartal ketiga dan keempat, terutama setelah peluncuran Blackberry Torch yang sebentar lagi juga akan meluncur di Meksiko dan Eropa.

Balsillie juga mengungkapkan akan segera mematuhi segala aturan di sejumlah negara di kawasan Timur Tengah, di mana RIM diminta oleh Uni Emirat Arab (UEA) untuk mematuhi aturan terkait keamanan data.

"Kami bersedia untuk mematuhi, tetapi kami tidak bisa kompromi untuk masalah keamanan. Saat ini RIM telah memiliki 250.000 server BlackBerry di seluruh dunia, yang semuanya menggunakan proses enkripsi," kata Balsillie.

Di pasar Amerika Serikat, Blackberry juga diketahui berhasil mempertahankan posisi BlackBerry sebagai pemuncak pasar smartphone. BlackBerry sukses menjungkalkan pesaingnya termasuk Apple (IOS) dan Google (Android). (ugo)