iPad Sukses Torehkan Rekor


Jakarta - iPad sepertinya jadi salah satu dagangan Apple paling menguntungkan. Bahkan dengan perkiraan sudah 8,5 juta unit terjual, iPad diklaim sebagai gadget dengan penjualan terbaik sepanjang sejarah.

Klaim tersebut berasal dari biro riset Bernstrein Research. Mereka mengambil data penjualan iPad yang memang impresif, terjual 3 juta unit dalam 80 hari pertama penjualan.

"iPad adalah sebuah sukses istant dalam proporsi yang belum pernah terjadi sebelumnya," ucap peneliti Bernstrein, Colin McGranahan, yang detikINET kutip dari InformationWeek, Jumat (8/10/2010).

Penjualan pada kuartal ketiga 2010 mencapai 4,5 juta unit. Jika ditotal, sebanyak 8,5 juta unit iPad telah dikapalkan secara global sampai saat ini.

Menurut penelitian Bernstrein, penjualan iPad melampaui apa yang dicapai oleh iPhone dan DVD player pada tahap awal penjualan. Padahal kedua produk ini termasuk yang paling laris diborong konsumen.

Laju penjualan iPad dinilai belum akan berhenti. Majalah Forbes mengestimasi pada tahun 2010, total akan ada 16 juta iPad yang terjual.

Tahun 2011, perkiraan penjualan iPad lebih gila lagi. Analis Brian White dari Ticendoraga Securities berani memprediksi iPad bakal terjual 45 juta unit tahun depan.

Jika berhasil tercapai, tentu prestasi iPad bakal lebih luar biasa. Apalagi mereka kini telah dikepung oleh berbagai tablet seperti Samsung Galaxy Tab dan RIM PlayBook. ( fyk / rns )