Wow..Bocah 15 Tahun Masuk Cambridge!


LONDON - Seorang bocah laki-laki berusia 15 tahun, Arran Fernandez, diterima di Universitas Cambridge. Dia pun tercatat menjadi siswa termuda di Cambridge dalam kurun dua abad terakhir.

Pada 1773 tercatat nama William Pitt sebagai mahasiswa termuda Cambridge. Ketika itu, Pitt baru berusia 14 tahun.

Arran tidak pernah memasuki sekolah formal. Dia belajar di rumah bersama ayahnya, Neil. Bulan depan, dia akan memulai perkuliahan di jurusan matematika pada Fitzwilliam College.

"Saya bersemangat untuk kuliah di Cambridge. Tapi sebenarnya saya sudah terbiasa mencetak rekor menjadi yang termuda dalam pendidikan," ujar Arran seperti disitat dari situs Orange, Senin (6/9/2010).

Pada usia lima tahun, Arran berhasil mendapatkan General Certificate for Secondary Education (GCSE). GCSE merupakan kualifikasi akademik dalam mata pelajaran khusus, umumnya diraih oleh para pelajar berusia 14-16 tahun.

Namun, karena usianya yang masih di bawah umur, Arran tidak akan bisa berpartisipasi dalam tradisi festival bagi para mahasiswa baru yang banyak melibatkan minuman beralkohol. Arran bersikeras, dia tidak akan kehilangan apa pun. "Bahkan jika usia saya 18 tahun, saya tidak akan minum alkohol," tegasnya.

Remaja yang berencana bergabung dengan komunitas pengamat burung ini ditawari tempat di Cambridge jika dia meraih nilai A pada fisika. Arran bahkan mendapatkan A* untuk mata kuliah tersebut.

Pada 2008, Arran mendapatkan nilai A juga dalam mata kuliah matematika lanjutan dan A pada matematika dasar. Cambridge juga memintanya mengambil ujian GCSE dalam tiga mata pelajaran yang tidak terkait pada ilmu eksakta. Hasilnya, Arran mendapatkan nilai A* untuk literatur Inggris dan Prancis, serta nilai A untuk bahasa Inggris.

Di Cambridge, Arran akan menjalani perkuliahan yang diberi nama 'tripos'. Ini terkenal sebagai salah satu perkuliahan tersulit di dunia. Isaac Newton dan Stephen Hawking adalah dua tokoh yang juga mengambil perkuliahan tersebut.

Nantinya, Arran dan ayahnya akan menempati rumah sewaan di lingkungan Cambridge. Ibunya, Hilde, akan tinggal di rumah keluarga di daerah Surrey, serta akan mengunjungi Arran tiap akhir pekan dan masa liburan.(rhs)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto